Sabtu, 10 Februari 2018

Keripik Nitrogen


Hasil gambar untuk nitrogen
Assalamualaikum temen-temen…
Semoga masih baik, dan tetap dalam kebaikan. Amiiin.
            Nah, ditulisan kali ini aku mau ngajak kalian “nggunjing” atmosfer nih. Yaah, gak sedetail ibuk-ibuk nggunjingin tetangga biasanya sih, tapi yaa begitulah! (Ini maksudnya gimana sih? Haha).
            Menurut pak Susilo (1993) nih, gas yang terkandung dalam atmosfer ini ada nitrogen (N2), oksigen (O2), argon dan gas-gas lainnya. Aku gak mau nyebutin satu-satulah, kalian bisa baca sendiri di buku. Hehehe
            Awalnya, kalian pasti mengira kalau gas yang paling banyak di atmosfer kita itu oksigen, iya gak? Aku juga. Tapi ternyata enggak!!! gas yang paling banyak itu nitrogen lho… sekitar 78%!! Oksigen? Sekitar 20% sedangkan sisanya adalah gas-gas yang lain.
            Ada video bagus yang pengen kubagi sama kalian, langsung klik aja ya.
            Udah liat? Itu percobaan orang masak sama nitrogen cair. Eits, jangan dikira nitrogen itu bentuknya gas aja lho. Nitrogen juga bisa berbentuk cair. Seperti air (H2O) yang bentuknya cair aja gitu? enggak! H2O juga ada yang bentuknya gas lho….
            Kalau air atau H2O yang dilangit, pas mencair jadinya hujan kan ya? Seneng deh yang baru patah hati dan punya mantan, seakan mengenang kenangan. Eak!
            Pernah bayangin kalau misalnya nitrogen yang turun kayak hujan?? Wong sayuran dimasukin nitrogen cair langsung kayak keripik gitu, daging dimasukin malah kayak keramik! Keras banget, sampe butuh bantuan palu buat mecah! Sepertinya sih itu kandungan air di dalamnya diserap gitu sama nitrogen. Bukan diserap nding, bereaksi gitu deh. Aku aja liatnya sama mulut terbuka! Tersepona, eh terpesona maksudnya…
            Satu kata, Subhanallah….
           Bersyukurlah kalau nitrogen di langit bentuknya gas. Coba kalau cair, trus turun kayak hujan gitu? Waaah, jadi patung mendadak deh kita! Gak perlu formalin lagi buat ngawetin! Wkwkwkw
            Dari sini aku ingin memberitahu kaian yang beranggapan kalau ‘kami’, anak kimia itu cuma seseorang yang tertarik pada ilmu pengetahuan dan selalu besikap rasional, lebih-lebih ada yang ekstrim, sampe ada yang bilang bisa saja kita menuhankan ilmu pengetahuan. Enggak temen-temen, gak semuanya….
            Beginilah kebanyakan cara berpikir masyarakat kita. Selalu saja mengambil sampel yang negatif, dan menyetempel yang lain dengan stempel yang sama! Hhh, cape deh.
            Bukankah ilmu yang terbaik itu ilmu yang semakin mendekatkan diri kepada Allah, Sang Pencipta?
            Hanya karena ilmu yang kita dalami adalah ilmu umum, trus duniawi aja gitu? Enggak kok. Percaya deh. Kalau gak percaya, yuk masuk kimia. Hehehe
            Banyak jalan untuk lebih dekat pada-Nya. Masing-masing ilmu punya jalan untuk lebih dekat dengan-Nya, asal kitanya mau mencari. Siap mencari titik ilmu yang membuat kita lebih dekat dengan-Nya? Kami mendekat dengan cara kami, kalian mendekat dengan cara kalian. Trus kita sama-sama dekat, ketemuan deh! (lLhoh, ini bahas apaan sih! Hahaha)
            So, percayalah. Kita gak hanya pinter buat bom kok! Lhah, kok jadi ngomongin bom?!?! Hahaha. Enggak kok, kita gak diajarin buat bom di sini. Mau mikirin buat bom? Mikir proposal aja udah jungkir balik sampe berdarah-darah?!?! Tuh kan, alaynya kumat. Hahaha
            Ya udah ya udah. Diakhiri aja dulu sebelum tambah kumat. Semoga bermanfaat ya kumpulan-kumpulan atom yang tersusun membentuk molekul hingga menjadi manusia, dan punya nama….
            Eh, bentar deh. Tadi kayaknya mau ngomongin atmosfer, kok jadinya nitrogen aja ya?? Hahaha
            Itu masih nitrogen lhooo, belum unsur yang lain! Hehehe
            Insyaallah kalau ada yang lain, kubagi sama kalian. Smoga bemanfaat…
Wassalamualaikum….



SNJ, 100218

0 komentar: