Selasa, 06 Februari 2018

Hutang Enzim sama Allah? Mau?



Siang temen-temen…

Assalamualaikum….

Salam sejahtera buat kita semua.

Eh, baru aja nulis tentang “orang ketiga” sekarang ada yang pengen kuceritain lagi nih. Sebenernya pengen tak jadiin satu tadi, tapi kayaknya gak matching deh! Yuk, langsung simak!

            Nah, ini tentang betapa bersyukurnya aku tenggelem sampe megap-megap (alay banget!) ke samudra kimia. Di masa-masa proposal dan penelitian ini, aku mendapati banyak hal. Kemarin, ada temen dari universitas Sukabumi yang belum pernah kutemui, nanya apa ada yang jualan enzim amilase? Katanya buat penelitian. Siapa tau ada yang jual eceran di sini, soalnya jarang banget yang jualan bahan kimia eceran.

            Kalian tau harga enzim berapa per mL nya? Ratusan ribu pemirsaaaaaa!!! Itu satu mL lhoh!

            Enzim amilase itu, enzim yang dihasilin di mulut buat metabolisme makanan dalam tubuh. Jadi proses makanan dalam mulut itu dibantu sama enzim amylase. Coba bayangin kita makan tiap hari berapa porsi? Belum jajan-jajanannya. Setiap kunyahan, anggap saja ada sekitar 2 mL enzim amylase yang dibutuhkan. Kalau kita ngunyahnya berpuluh-puluh bahkan beribu-ribu kali dalam sehari, berapa L enzim yang dihasilkan?

            Mungkin kalian bertanya, kenapa tidak mengambil enzim amylase dari ludah aja? Ya bisa siiih. Tapi dalam ludah tidak hanya enzim amylase aja yang dihasilkan. Kali aja ada sisa makanan yang ngikut, gimana? Hehehe Jadi kita butuh enzim yang murni. (sekedar info, penelitianku bukan tentang enzim siih… tapi sedikit banyak aku sudah pernah mempelajarinya.)

            Itu masih satu enzim. Belum enzim yang ada di lambung, usus besar, usus halus, pancreas, hati dan lainnya. Waaaah, jika kita disuruh bayar setiap mL enzim yang dihasilkan, sampe kiamatpun gak bisa bayar hutang! Iya gak? 

            Subhanallah.... Allah emang paling tercinta deh!

            Gitu manusia disuruh bilang “Alhamdulillah” aja beratnya udah kayak ngangkat Semeru! Hhh,

            Jika dulu aku pernah berkata,

            “jangan ngambil kimia. Berat. Kamu gak akan kuat. Biar aku saja.”

            Sekarang ganti,

            “ayo ambil kimia. Insyaallah manfaat. Asal niat.” Hehehe

Begitulah kiranya  hal kecil yang jarang sekali kita sadari dalam kehidupan. Ilmu sains yang paling dekat dengan kita itu ya tubuh kita sendiri. Atom-atom adalah miniatur kecil dari kehidupan. Percaya deh, kerja atom itu gak jauh beda sama kita. Jika kalian berpikir atom-atom itu adalah bagian terkecil menurut kita, sebenarnya kita adalah atom-atom kecil dari kacamata Tuhan. Cuma sekecil atom aja lagaknya koyo zok-zok’o! hahaha

            Segitu aja deh cuap-cuap kali ini. Insyallah kalau ada yang lain, tak bagi sama kalian. Sama-sama atom mah harus saling bertukar elektron kalau ada yang kekurangan. Biar sama-sama stabil. Iya gak? Hehehe

            Udah deh.

            Dibuka dengan selamat siang, ditutupnya sama selamat sore deh.


            Wassalamualaikum….


0 komentar: