Jumat, 09 Februari 2018

Jangan dibaca! Ditulis hanya untuk Satu Orang


            Pertanyaan yang paling kubenci ketika kumpul reuni adalah,
            “sakiki ambek sopo?” yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah ‘sekarang sama siapa?’. Sama siapa yang dimaksud di sini adalah seseorang yang dekat denganku. Seakan aku jauh-jauh ke Malang agar kembali mendapatkan ‘orang yang dekat denganku’.
            Biarlah. Mungkin bahan gossip di setiap media Indonesia belum cukup jika bahannya bukan temen sendiri.
            Terkadang, aku bingung ‘orang yang dekat’ itu yang seperti apa sih? Karena jujur, sejak pertama menginjakkan kaki di Malang, aku tak berniat untuk mencari seseorang atau ingin dekat dengan seseorang. Bukannya tidak ada yang baik, malah banyaaaaaaak sekali lelaki yang patut diperebutkan di sini. Yaah, mungkin akunya saja yang tidak berminat, lebih tepatnya hatiku masih enggan untuk memiliki rasa yang baru.
            Aku bercerita di sini bukan untuk membanggakan diriku, tapi aku ingin memberitahu seseorang yang katanya tidak cemburu meskipun ada yang mendekatiku. Lebih baik katanya, daripada aku menunggunya yang tidak pasti. Ah, padahal saat aku hampir menyerah dengan rasaku kemarin, ketika kukira ia telah bersama orang lain, ia langsung memberikan klarifikasi kalau ia tidak bersama siapapun. Seakan ia tidak memperbolehkanku untuk menyerah. Ironis kan? Bingung memang, tapi lucu juga dalam waktu yang bersamaan. Biarkan aku tertawa. Hahaha
            Cerita 1
            Dia kakak tingkat. Fakultas Syariah. Mengenalku lewat medsos, dan baru dapat nomorku setelah satu tahun (Aku orang yang paling alot memberikan nomor telephon kecuali kepada teman yang kukenal). Hampir setiap hari dia menghubungiku seperti jadwal minum obat. Awalnya bicara tentang tulisanku, dan friendly gitu. Jadi ya sempat bertukar cerita. Lama kelamaan, ada sinyal-sinyal aneh yang bikin aku curiga. Masa iya, baru jatuh dari sepeda aja bilang. Berangkat ke kampus gak bisa jalan, juga cerita. Katanya ibuk,
            “itu berarti nyari perhatiannya Anna.”
            Bahkan masnya minta ketemu! Jujur, aku tak pernah membuat janji bertemu dengan lelaki asing, jadi kutolak dengan berbagai alasan. Katanya kelihatan aku gitu, WA! Pernah pas ortu ke kampus, ada masnya! Dan dia WA juga!
            Percayalah. Insting wanita itu jarang melesetnya!
            Duh. Langsung deh pasang lampu kuning! Sambil mikir-mikirin caranya menghindar dan ngacuhin. Bukannya tidak mau, tapi hatiku yang masih belum bisa. Beruntung HPku habis wafat dan lumayan lama, akhirnya siasat berhasil. Tidak ada kabar lagi.
            Cerita 2
            Dekatinnya gak lewat aku, langsung orang tua! Oh maigaaat! Serangan jantung rasanya! Sampe ya orang tuanya itu ngerayu ayahku mampir ke rumahnya buat dikenalin sama anaknya.
            “Anna, nikah a?”
            Tanya ayah tiba-tiba, yang membuatku langsung tersedak. Ini ayah becanda, ato serius? Dan ternyata serius! Aku bahkan tidak tau orangnya kek gimana? Yang mana? Siapa? Katanya, ia melihatku pas duduk di depan kolam ngasih makan ikan depan rumah. Ya ampuuun, apa ini cinta pada pandangan pertama? Hahaha Aku bahkan jarang keluar rumah, kalau tidak nganterin adek sekolah, nyapu, jemur pakaian, atau ngasih makan ikan. Sama marmut kalau saat ini.
            Namanya juga di desa, aku aja gak tau apa-apa, tapi semua orang pada rame katanya aku mau nikah. Lha, dapet kabar darimana?
            Ternyata, mas yang gak kukenal siapa itu ke rumah sama ayahnya. Dua kali! Hahaha Tapi pas rumah kosong, gak ada aku, jadi budhe yang nerima. Tapi aku bersyukur dengan itu. Kalau tidak, mungkin hari ini aku gak bakal bisa menulis ini semua karena statusku bakal berubah! Hehehe
            Cerita 3
            Anak KKM. Sebulan hidup bareng, tentunya memunculkan sesuatu yang tidak ada sebelumnya kan?
            Nah, dia ini temen sekelompok. Kuakui, menjalin hubungan dengan cewek itu lebih rumit daripada cowok. Iya gak? Yaaah, cewek mah emang ribet. (Ngakuin diri sendiri…hahaha). Pas wisuda tahfidz, yudisium dan tasyakurannya (bukan 30 juz kok. Hehehe), dianter jemput eh ke UIN. Lha nawarin, trus temen2 yg cewek masih belum ada yang akrab, aku juga belum bisa motoran. Hahaha
            “aku grogi kalau bonceng kamu.”
            Pernah bilang gitu. Aku yang biasa saja ya ketawalah! Pelurusan, setiap kali aku dibonceng cowok, pasti ada pembatas yang kutaruh diantara kita. Entah tas, atau apapun. Dan dudukku pasti mojok ke belakang sampe temen2 khawatir jatuh. Pegangan? Aku pegangan jok sepeda! Hahaha. Bersyukur deh aku sekarang udah bisa motoran sendiri, jadi gak bergantung sama orang lain. Selain itu, banyak hal yg mencurigakan.
            Cerita 4
            Cacak-cacak pondok dulu. Aku gak kenal, tapi teman-temanku kenal. Kalian tau? Langsung bilang mau ke rumah! Kutanya, silaturrahmi katanya. Silaturrahmi apaan?!?! Tau aja enggak caaak!! Tapi dia bilangnya tau aku.
            Trus yaah, bilang deh ada niatan baik pengen bla bla bla, hari jum’at mau ke rumah, kenalan ke orang tuaku dan biar bisa ketemu aku. Gila banget gak sih?!! Dan itu ngebuat aku langsung merinding! Bukan karena apa, ya merinding aja. Tapi orang niatan baik, kenapa kucuekin? Akhirnya sebelum dianya ke rumah, kukorek dulu cerita dari temen-temen, dan aku dapet kabar negatif terus! Wah, langsung ill feel deh. Aku langsung cuek bebek, yang ngisyaratin aku gak mauuuuu. Lebih mending kan, daripada udah ke rumah, eh malah ditolak. Kan lebih sakit?
            Cerita 5
            Dulu pernah nemenin ayah kerja pas SMK, bahkan ke rumah juga. Tapi aku gak kenal. Lulus dari Jakarta, skrang balik purwosari. Di sosmed selalu nanya kabar, nanya kabar keluargaku juga. Awalnya sih mungkin karena pernah nemenin ayah, eh kok semakin lama jadi curiga ya…
            Bilang, katanya minta cariin jodoh. Tak tanya, yang kayak gimana mas? Kalian tau jawabnya,
            “yang kayak pean.”
            Gubrak deh! Jawabku, gak ada yang kayak saya. Cuma saya, gitu.
            “ya berarti samean.”
            Langsung hapus nomornya!! Hahaha
            Cerita 6
            Lulusan unmer. Awalnya nanya tentang tulisan, eh malah merembet ke hal-hal yang privasi. Langsung deh tak cut! Maaf, gak bisa menjawab kalau menyangkut tentang hal yang privasi. Berkali-kali coba-coba mancing, tapi tetap saja gak bisa. Bersyukur deh aku punya sifat keras kepala yang kadarnya gak sedikit! Hhehe Bukannya pergi, orange malah bilang gini,
            “masyaallah. Gak pernah aku ketemu perempuan yang pendiriannya kuat gini.”
            Entah itu pujian ato sindiran. Hahaha
            “kamu udah punya suami atau seseorang? Kalau udah punya, mending aku mundur aja.”
            Gitu katanya. Murdur ajaaaaaa munduuuuuur!!!! Rasanya pengen teriak. Tapi balasan yang paling pas adalah dengan tidak membalasnya. Hahaha
            Cerita 7
            Kakak tingkat. Aku pernah kagum, karena ia tau tentang aura-aura gitu. Jadi bisa nempatin diri dengan lawan bicaranya. Pernah sekelompok praktikum bareng. Dengan kegilaanku kalau udah suntuk pas praktikum, masnya ini slalu respect gitu sama yang aku lakuin. Yaah, mungkin pas keliatan aja kali ya. Dilarang ke-PD-an! Heheh Tapi kemarin-kemarin, serasa ada yang aneh gitu. Pas aku duduk sendiri, disamperin, diajak ngobrol. Pas di lab juga, penasraaan terus sama yang aku tulis. Bahkan anehnya, masnya tau aku pake baju kemarin!?!?! Senganggur apa coba sampe hafal aku pake baju apa kamren? Aku aja gak pernah inget sama baju yg dipake temen-temen. Hahah
            Klo ini masih asumsi sih, gak sejelas yg sebelum-sebelumnya.
            Cerita 8
            Ini cerita kok banyak banget sih! Sampek 9 ajalah ya. Capek yang nulis! Padahal Cuma pengen ngasih tau satu orang, tapi dibelain sampe nulis berlembar-lembar. Hhh, awa aja sampe gak peduli! Tak masukin plastik, buang ke laut!!
            Anak UB. Fakultas kedokteran. Baik sih, tapi jauh. Pati, Jawa Tengah! Padahal orang rumah pengennya gak jauh-jauh.
            Ketemu di lembaga pengabdian sosial dan dakwah. Tau nomorku dari grup, trus chat pesen buku sambil bilang gini,
            “saya yakin, nantinya kamu akan menjadi penulis yang terkenal. Semangat ya!”
            Ya kalau udah kenal sih biasa aja, tapi kalau baru kenal, seperti udah keenal lama kan ya gimana gitu? iya gak? Apalagi pas guru2 TPQ ada acara ke bromo, masnya itu slalu di belakangku. Maklum, aku mah kalau jalan-jalan bareng harus ada yang megangin. Kalau gak gitu, kakinya bakal nyasar kemana-mana. Ngliatin hal-hal yang kadang bagi orang tidak menarik. hehehe
            Nah, pas aku tiba-tiba berhenti buat nulis sesuatu gitu, masnya berhenti. Pas aku jalan, ikut jalan. Kalau akau udah nyleot dari rombongan, dipanggil.
            “ayo teh, ke sana.”
            Pas turun, aku kan turun duluan ya. Masnya ngikutin di belakang. Ngerasa risih kayak diikutin, akhirnya aku kabur di tengah kerumuman! Hahaha
            Dan pas masnya ngambil buku di aku, masnya yang belain dateng ke UIN. Kan seharusnya pembeli adalah raja kan ya, eh malah masnya yang nyamperin sendiri ke UIN. Hehehe. Ketika ngasih uang, kan aku gak ada kembalian, kalian tau masnya bilang apa?
            “gak papa. Kapan-kapan aja. Biar bisa ketemu lagi.”
            Bilang aku slah denger!!! Hahaha
Cerita ke 9
            Ini cerita yg sedikit berbeda. Orang luar negeri, Pakistan. Ia menyukai tulisanku, dan selalu membacanya menggunakan bantuan google translate. Pengorbanan banget kan ya?
            Sekitar 3 tahun berteman. Akrab? Lumayanlah. Ia juga minta dikirm bukuku. Ya ampuuuun, wong yang nulis aja belum pernah naik pesawat, lhah bukunya mau naik pesawat duluan! Biayanya itu lho pemirsaaa…. Haahha
            Aku kaget, pas dia bilang gini.
            “temanku bilang, katanya aku tidak punya pacar di Pakistan tapi aku membuat hubungan dengan perempuan indonesia. Seandainya saja kamu orang Pakistan atau mengerti bahasa kami, banyak yang ingin kukatakan padamu.”
            Itu seperti menyatakan perasaan gak sih?!!?!? Kita tetap hubungan. Teman dari jauh lhooo… jarang banget kan? Katanya mau mengambil S2 di Indonesia. Aku mah gak berharap banyak meskipun ia seperti nyambung gitu pas ngomong (chat), karena sudah pasti orang tuaku jawab “enggak!” Dan memang itulah jawaban orang tuaku. Enggak! hahaha
            “lha lek ngomong bahasa inggris, ibuk gak iso ngomong Anna.”
            Hahaha
            Ada beberapa cerita yang belum kuceritakan sebenarnya. Tapi jujur, jariku udah keriting! Hahaha
            Kenapa aku bercerita seperti ini? Aku hanya ingin ia tau, disetiap ada orang yang mendekatiku, aku selalu mengkhawatirkan sesuatu. Apakah ia cemburu? Apa ia akan baik-baik saja jika tau ada orang yang mendekatiku? Karena itulah aku selalu menjaga jarak. Menciptakan jarak bagi orang lain yang ingin mendekat. Egois memang, tapi hatiku selalu teringat meskipun otakku menyuruh untuk berpikir lebih rasional.
            Yah. Mendengar ia bahkan tidak merasa cemburu, serasa ada goresan samar di hatiku. Melihat namanya disandingkan dengan nama orang lain saja aku cemburu, tapi ia bahkan merelakanku bersama dengan orang lain. Aku merasa, seperti terbuang, tak diharapkan.
            Jika ia memang merelakanku dengan orang lain, seharusnya ia tidak perlu repot-repot memberi penjelasan kalau ia tidak ada hubungan apapun dengan wanita itu ketika aku ingin menyerah. Pengharapan memang tidak baik kecuali pada Tuhan. Tapi bukankah lewat harapan kita akan kemudian berjuang?
            Jika ia bahkan merelakanku, sepertinya ia tidak juga memperjuangkanku. Apakah aku berjuang sendiri dengan rasaku?
            Ah. Aku bingung.
            Ada saat dimana ia menjanjikan sesuatu, namun pada saat yang lain ia seakan membiarkanku pergi, tapi tetap mengikatku dengan tali samar. Duh, ini gimna sih?!?!?!
            Yang kukhawatirkan, saat ada orang lain yang diterima duluan di rumah, dan itu bukan dia.
            Aku bertahan sampai sejauh ini, kamu bertahan sampai sejauh ini juga, bahkan tanpa pertemuan apapun, bukankah patut dijadikan alasan kenapa harapan itu ada??

0 komentar: