Kamis, 22 Februari 2018

Sempatin Kuliah


Assalamualaikum…
Nah, tulisan ini muncul setelah mendengar cerita seseorang. Jika kalian membacanya dan ternyata ada yang bermanfaat bagi kalian, Alhamdulillah. Kalau tidak, yaah langsung tekan tanda silang aja ya. Hehehe
Seringkali aku menulis kan, ada saat dimana kita memang ingin menyerah. Ada titik dimana kita berada pada keadaan terlemah. Memang, tapi saat yang kumaksud di sini ada ‘waktunya’, bukan seterusnya.
Kuliah.
Ingin menyerah di tengah-tengah kuliah sepertinya memang penyakit tiap mahasiswa deh. Iya gak? Aku juga sering. Sering banget malahan. Gak kehitung deh berapakali nangis-nangis ke ibu sambil bilang, “buk, kulo nikah mawon pon…” dengan harapan bisa kabur dari kuliah! Hahaha Ini kepala rasanya udah budrek, rutinitas yang melahkan, tugas-tugas, praktikum, laporan dan kegiatan lain yang udah kayak dicekik sama kawat berduri! (Eih, gak se-alay itu kok. Hehehe)
Tapi nsihat ibu, pasti gini…
“Wes akean sing dijalani daripada sing dorong. Kurang dikit.”
Ibarat kita udah naikin tangga, itu tinggal selangkah lagi kan? Jika kita menyerah hanya karena satu tangga besar itu, percuma dong kita dulu berusaha naik. Buat apa? Kalau kita gak niat lulus, kenapa juga dulu kuliah? Sekalian aja gak kuliah. Berat memang, tapi mau, jadi balon yang isinya cuma udara? Makanya langsung ngikut aja pas diterpa angin. Kasarannya, terserah deh mau dibawa kemanapun. Coba kalau di isi air, pasti gak bakal kabur.
Trus alasan gak lanjut gegara gak punya waktu, sibuk kerja. Nah lhoh, emang dulu niatnya gimana bang? Kuliah sambil kerja ato kerja sambil kuliah?
Sebenarnya bukan waktunya yang gak ada, tapi kamu saja yang tidak mau menyempatkan.
Jujur, aku paling gereget sama orang yang nyerah karena alasan yang gak bisa kuterima. Menurutku sih, itu hanya pembelaan yang dibuat untuk membenarkan pilihannya. Disuruh ndukung, tapi pas ditanya bilangnya, “aku tau kalau pilihanku ini buruk. Aku juga gak tau kenapa aku milih gak mau lanjut.”
Yaaah, gimana mau ndukung kalau dia saja bilang pilihannya gak baik? (nepuk jidat!)
Ngulang matkul, itu wajarlaah. Aku juga ngulang. Dimarahin dosen, sering juga. Bahkan sampe nangis-nangis. Hahaha Jangan rame-rame ih, ini aib! Hahaha
Emang begitulah lika-liku kuliah. Rumusnya, jalani aja…
Jalani aja, bukan berarti gak berusaha. PKL, hadepin! PPL, langakahin! Ngulang matkul, selesein! Proposal, bantai! Skripsi, bakar! Lhoh, kok?
Ayolaaaah. Aku tidak menyayangkan keputusanmu untuk berhenti, tapi aku menyayangkan semangatmu dulu yang hilang, waktu yang yang kamu habiskan, dan mungkin harapan orang-orang terdekatmu. Bukankah sudah seharusnya kita menyelesaikan apa yang kita mulai?
Ini bukan tentang dirimu sendiri, tapi juga mereka yang menyayangimu. Salah satu cara yang kulakukan ketika aku ingin menyerah adalah mengingat harapan mereka. Ada harapan yang harus kujaga, dan aku tidak mau mengecewakan mereka. Kamu bisa! Berhenti menyerah! Jika ingin menyerah, berikan alasan-alasan yang bisa diterima. Jika kamu tidak menemukannya, kamu tidak berhak untuk menyerah! Hidupmu, bukan untuk dirimu sendiri!

Sebenernya ada tulisan lagi sih, cuma mending tak pisah aja deh. Kepanjangan. Ntar kalian bacanya pusring! Wkwkwk
Bismillah. Yuk tetep berjalan. Aku gak mau berjalan sendiri dan sampai duluan tapi ternyata sepi. Jika aku bisa mengajak orang lain untuk berjalan bersama, aku akan mengajaknya. Trus kita rame-rame pesta di tempat tujuan deh.  ^_^
Bukankah sebaik-baiknya orang itu yang bermanfaat untuk orang lain?
Udah deh ya. Ntar tak lanjutin lagi. Insyaallah….
Seemoga bermanfaat...

Wassalamualaikum…..

0 komentar: